KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TIP TOP ATAU PT TIP TOP SUPERMARKET SAAT RAMADHAN DAN IDUL FITRI



PT. Nissin Biscuit Indonesia adalah bagian dari grup Khong guan yang memproduksi berbagai jenis biscuit di Indonesia . berlokasi di Semarang Jawa tengah , Indonesia .

Untuk Distribusi PT . Nissin Biscuit Indonesia melakukan Distribusi sendiri sebagai Distributor Utama Produk Nissin Di Indonesia untuk melakukan proses Distribusi Hingga ke Retail Retail dan toko toko supermarket di indonesia , dengan menyebar beberapa pabrik di seluruh Indonesia .
Nissin Biscuit Menjadi salah satu produk yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.






PT. Nissin Biscuit memproduksi  jutaan produk  setiap harinya. Tiptop berperan sebagai penghubung dari produsen ke konsumen. Jadi dari produsen menyalurkan ke wholesaler/Tiptop  dengan jumlah grosir lalu disalurkan kembali kepada konsumen agar daat dibeli secara satuan.


Kelancaran Distribusi Di Tip Top Supermarket

Dalam melakukan strategi pendistribusian barang dari pusat ke cabang, setiap cabang di Supermarket TIP TOP dilengkapi gudang yang sangat luas.

 Jadi, masing-masing cabang berusaha mandiri untuk memenuhi kebutuhannya. Supermarket TIP TOP juga mempunyai gudang tambahan, yang dinamakan dengan gudang buffer. Gudang buffer berfungsi untuk menjaga ketersediaan barang agar tidak terjadi kekosongan produk di setiap cabang Supermarket TIP TOP.

Untuk menjaga stok produk di setiap cabang, ketersediaan gudang buffer dibagi berdasarkan 2 wilayah, area Timur dan area Barat. Wilayah area Timur meliputi Rawamangun, Pondok Bambu, Pondok Gede dan Tambun. Sedangkan wilayah area Barat meliputi Ciputat, Depok dan Cimone.
Setiap wilayah hanya terdapat satu gudang buffer. Gudang buffer di wilayah area timur berada di Supermarket TIP TOP cabang Pondok Bambu dan wilayah area barat berada di Supermarket TIP TOP cabang Ciputat. Selain itu, strategi tempat yang dilakukan oleh manajemen Supermarket TIP TOP menggunakan one stop shopping. Sebuah konsep yang menawarkan kemudahan berbelanja barang-barang kebutuhan pokok dengan tunjangan tambahan fasilitas terbaik dalam satu titik.

HAL YANG MENGHAMBAT KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG


1.Keseimbangan Pasar, Keseimbangan pasar secara sederhana dalam teori  ekonomi dinyatakan kelangkaan barang yang terjadi apabila permintaan lebih besar dari penawara
2.Kualitas hasil produksi yang buruk
3.Pemasaran yang buruk
4.Daya beli masyarakat rendah


Cara store menentukan produk mana yang  dipersiapkan untuk mendukung penjualan pada saat Ramadhan dan Idul Fitri
Tip Top Supermarket Sebagai Retailer Penghubung antara Produsen dan Kosumen juga menyiapkan strategi strategi untuk mempersiapkan Permintaan Pasar khususnya Menjelang dan Pada saat Hari Raya Idul Fitri.
Dengan cara :
Memperbanyak Stock Produk Unggulan.
Melakukan Permintaan Pengiriman Produk lebih sering dari keadaan normal.
Melakukan Discount Menarik terutama menjelang dekat dengan lebaran.
Menempatkan Produk Unggulan Dirak Lebih depan awal sehingga konsumen tidak susah untuk mencari produk tersebut
Membuat daerah khusus ( Stand Khusus Produk Unggulan Hari Raya atau Top Seller )


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALURAN DISTRIBUSI ALFAMART

YAKULT