Journal Review

Distribution Journal Review 







Name : Deri Ariyansyah
Class : MLM-C 2017
Nim : 170505041051


JURNAL 1

ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI 
SALURAN DISTRIBUSI USAHA KECIL  MENENGAH (UKM)
Mela
Apniza Putri, Rosmayani dan Rosmita  

 Abstrak 


Penelitian ini dilaksanakan pada Industri Rumah Tangga perusahaan yang bergerak dibidang Usaha Kecil Menengah (UKM)  yang membuat kue kering asli khas Riau yang menghasilkan barang atau jenis produk konsumsi. Pembuatan Kue BangkitSyempana” Di Kota Pekanbaru ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri, yang bertujuan untuk mewujudkan karya khas makanan dari Riausalah satunya pembuatan Kue BangkitSyempana’ di Kota Pekanbaru. Industri Kue BangkitSyempanatelah melakukan Saluran Distribusi. Saluran Distribusi yang terdiri dari 4 indikator yaitu Pertimbangan Pasar, Pertiimbangan Produk, Pertimbangan Perusahaan dan Pertimbangan Perantara. Bahwa dengan adanya saluran distribusi yang dilakukan secara efektif, maka akan memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan dan keinginan pembeli dapat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak yang membentuk hubungan pemasaran jangka panjang. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisis pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistika, sehingga dapat diperoleh hasil penilaian terhadap setiap variabel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara daftar pertanyaan (kuisioner), wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian dari seluruh indikator tersebut adalah Baik. Saran penulis adalah untuk industri Kue BangkitSyempanauntuk lebih memperluas penyebaran barang dan meningkatkan kualitas barang dari segi rasa, kemasan atau volume barang

PENDAHULUAN

Usaha Kecil Menengah (UKM) dari waktu ke waktu mengalami perkembangan bagus. Para pelaku bisnisnya pun menghasilkan jenis produk yang beragam. Usaha kecil menengah menjadi salah satu terobosan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah-tengah masyarakat untuk mencapai kesejahteraan hidup yang memadai. Usaha kecil menengah menjadi penompang perekonomian indonesia, karna membantu perekonomian masyarakat. Kemudian masyarakat seperti para pelaku bisnis UKM ini diharapkan akan mampu mengurangi angka pengangguran jika melihat fakta lapangan pekerjaan yang semakin terbatas dengan jumlah tenaga kerja yang belum terserap dan terus bertambah

KESIMPULAN

Kue Bangkit yang di produksi oleh “Syempanasudah dapat memberikan kepuasaan dari segi ketahanan produk, rasa dan sudah memiliki standart kualitas yang sudah layak untuk di pasarkan.
 Modal yang disediakan oleh industri kue bangkitSyempanasudah baik, seperti pedagang besar yang tidak harus membayar di awal pengiriman barang melainkan boleh membayar saat kue bangkit sudah habis terjual selain itu harga kue bangkit yang terjangkau memiliki keuntungan tersendiri bagi pedagang besar sehingga mempengaruhi pedagang besar dalam mebeli kue bangkit.
 Perantara sangat membantu dalam menyalurkan dan menjual produk kepada konsumen, dan perantara juga menyediakan tempat atau ruang untuk kue bangkit sehingga setiap konsumen yang datang tertarik untuk membeli dan disertai dengan pelayanan yang baik sehingga konsumen teratarik untuk belanja di toko tersebut. 
   

JURNAL 2



PENGARUH BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP JUMLAH PENJUALAN PUPUK PADA PT. PERTANI (PERSERO) CABANG BENGKULU

Abstrak

Distribusi merupakan bagian dari pemasaran yang bertujuan mendapatkan barang yang tepat dan tempat yang tepat dengan biaya yang efisien. Oleh karena itu peranan distribusi sangat penting dalam suatu perusahaan. PT. Pertani (Persero) Cabang Bengkulu adalah perusahaan yang bergerak dibidang pendistribusian pupuk. Sebelum dijual pupuk dikirim dari pabrik ke gudang distributor terlebih dahulu, setelah itu dialokasikan untuk beberapa wilayah yang akan di distribusikan sesuai dengan permintaan pasar.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan studi pustaka dan studi lapangan, dalam studi lapangan terdiri dari wawancara dan observasi

PENDAHULUAN

Pada era globalisasi dan kemajuan dan teknologi informasi dan ekonomi dewasa ini tingkat persaingan antar perusahaan semakin ketat, sehingga masing-masing perusahaan mempunyai kiat tersendiri untuk mempertahankan dan meningkatkan usahanya. Bagi perusahaan yang tidak jeli dan tanggap terhadap perubahan pola hidup konsumen, maka ada kecendrungan  perusahaan tersebut akan mundur bahkan pailit.

KESIMPULAN

Hasil analisis peranan biaya distribusi fisik dengan volume penjualan pupuk pada PT. Pertani (Persero) cabang bengkulu adalah artinya Segala sesuatu pada variabel-variabel independen dianggap konstan yaitu variabel biaya distribusi fisik, maka volume penjualan (Y) adalah sebesar Rp 68.615,-dan jika terjadi penambahan biaya distribusi fisik sebesar Rp 1000,- maka volume penjualan akan meningkat sebesar Rp 4460,-.. Dari hasil korelasi (r) diketahui bahwa besarnya korelasi antara volume penjualan dengan biaya distribusi fisik adalah 0,612. Menunjukkan tanda positif berarti berkorelasi positif. Hasil uji T diperoleh T-hitung sebesar 11.366 lebih besar dari T-tabel 1,67 artinya signifikan bahwa biaya distribusi fisik berpengaruh terhadap volume penjualan


JURNAL 3 

ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI DISTRIBUSI FISIK PRODUK
HANDPHONE SMARTFREN 

Abstrak

In an economy that has been advanced, the manufacturers do not sell their products directly to the end user. Many options can be used to distribute goods and also to the buyer.  A company may distribute goods directly to consumers though is quite large, while other companies distribute their products through intermediaries. And not a few companies that use some combination of distribution channels to reach different market segments .

 PENDAHULUAN

Seiring dengan persaingan dunia usaha yang semakin ketat dalam memasarkan produk, ditandai dengan semakin banyaknya produk baru yang terus bermunculan di pasaran dengan tawaran kualitas produk yang beragam, dan harga yang terjangkau

Dalam usaha untuk memperlancar arus barang/jasa dari produsen ke konsumen, maka salah satu faktor penting yang tidak boleh diabaikan adalah memilih secara tepat saluran distribusi (channel of distribution) yang akan digunakan dalam rangka usaha penyaluran barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen

Perusahaan harus mampu memutuskan cara terbaik untuk menyimpan,menangani,serta memindahkan produk dan jasanya sehingga tersdedia bagi pelanggan dalam keragaman yang tepat, pada waktu yang tepat, ditempat yang tepat. Efektifitas logistic/distribusi fisik akan berdampak besar pada kepuasan pelanggan dan biaya perusahaan. Sistem distribusi yang jelek dapat menghancurkan usaha pemasaran yang sebenarnya baik. 

 KESIMPULAN

Strategi penggudangan yang dilaksanakan PT. Barelang Sejatera Prima Pekanbaru tergolong Baik. Hal ini dikarenakan jarak lokasi gudang yang mudah ditemui sehingga pelanggan mudah untuk memesan dan mengambil produk secara langsung ke gudang

Pengangkutan, pelanggan outlet menilai pengangkutan untuk memindahkan produk handphone smartfren  dinilai cukup baik,hal ini dikarenakan oleh kurangnya transportasi yang dimilki PT. Barelang Sejahtera Prima Pekanbaru untuk mendistribusikan produk handphone nya dalam jumlah banyak apalagi untuk pendistribusian keluar kota
 
Presepsi pelanggan outlet mengenai standar waktu penyaluran dalam kategori cukup baik, hal ini dikarenakan karena PT. Barelang Sejahtera Prima Pekanbaru mempunyai standar waktu maksimum 3hari yang telah ditetakan oleh perusahaan.



 SOURCE

 https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=2ahUKEwjotYOzscboAhUC63MBHX_5CsMQFjABegQIARAB&url=http%3A%2F%2Fjournal.uir.ac.id%2Findex.php%2Fvaluta%2Farticle%2Fdownload%2F2586%2F1460%2F&usg=AOvVaw3OyHZ2f5Mj1J_DWZjzSRXa

https://jurnal.unived.ac.id/index.php/agritepa/article/view/178/167

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=2ahUKEwih4cbMsMboAhXD6nMBHbN7Aa4QFjABegQIBBAB&url=https%3A%2F%2Fjom.unri.ac.id%2Findex.php%2FJOMFSIP%2Farticle%2Fdownload%2F5323%2F5202&usg=AOvVaw0We0jC1h2lj4BTMMuRDPD4





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALURAN DISTRIBUSI ALFAMART

KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TIP TOP ATAU PT TIP TOP SUPERMARKET SAAT RAMADHAN DAN IDUL FITRI

YAKULT